Mengenal dan Mengetahui Fungsi Sel Tumbuhan

Dinding Sel

Dinding Sel yang berada terluar selubung dari sel tumbuhan adalah lapisan pelindung, dinding sel. Fungsi utamanya meliputi pemberian dukungan, mempertahankan bentuk sel dan mengendalikan pertumbuhan sel.

Membran sel

Membran sel: Sebelah dinding sel, terletak membran sel yang terdiri dari protein dan lipid bilayer. Fungsi utamanya adalah transportasi selektif nutrisi, dimana sebagian diperbolehkan masuk ke dalam sel, sementara yang lain dibatasi.

Vakuola

Vakuola adalah organel, yang bentuk dan struktur, mengubah sehubungan dengan kebutuhan sel. Mereka diisi dengan air seperti larutan yang mengandung enzim, molekul organik dan anorganik.

Inti sel

Inti sel hanya disebut pusat kendali dari sel tumbuhan, karena mengandung materi herediter bersama dengan komponen sel penting lainnya. Secara keseluruhan, inti bertanggung jawab untuk sintesis protein, pertumbuhan sel, pembelahan dan pengembangan.

Sitoplasma

Sitoplasma Bagian dari sel tumbuhan tidak termasuk nukleus disebut sitoplasma. Dipenuhi dengan jelly-seperti cairan sitoplasma, organel maksimum yang hadir dalam sitoplasma.

Plastida

Plastida adalah organel, yang melakukan fungsi fotosintesis dan penyimpanan molekul pati. Plastida dari berbagai jenis dan mengandung pigmen fotosintetik.

Mitokondria

Mitokondria, juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel, memainkan peran penting untuk menghasilkan energi kimia untuk berfungsinya sel tumbuhan  Mereka hadir di banyak nomor dan mengandung materi herediter.

Ribosom

Ribosom terdiri dari dua jenis, terpasang dan bebas. Yang pertama ditemukan melekat pada retikulum endoplasma, sedangkan yang kedua digantung bebas dalam sitoplasma. Kedua ribosom bertanggung jawab untuk sintesis protein.

Badan Golgi

Badan Golgi terdiri dari 4-8 tumpukan (disebut cisternae) dan berguna untuk makromolekul kemasan yang disintesis oleh sel. Mereka juga bertanggung jawab untuk transportasi nutrisi.

Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma ini adalah organel yang menghubungkan inti sel dan sitoplasma. Ini melakukan fungsi mensintesis dan menyimpan steroid dan glikogen. Retikulum endoplasma dengan ribosom terpasang disebut retikulum endoplasma kasar (RER).

Peroksisom

Peroksisom Ini adalah microbodies dari sel-sel tumbuhan yang mengandung berbagai enzim degradasi. Peroksisom memainkan peran utama mencerna asam lemak kompleks termasuk membantu dalam fotosintesis.

0 Response to "Mengenal dan Mengetahui Fungsi Sel Tumbuhan"

Post a Comment