Sumber Primer dan Sumber Sekunder Dalam Ilmu Sejarah

A. Sumber Primer

    Sumber primer yaitu sumber yang berkaitan langsung dengan  peristiwa yang diceritakan. Sumber primer ini dapat berupa kesaksian langsung dari pelaku sejarah (sumber lisan). Dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip, (sumber tertulis), dan benda-benda arkeologi (sumber benda).
  • Sumber Lisan
     Sumber lisan adalah  keterangan tentang peristiwa pada masa lampau yang diperoleh secara langsung dari pelaku peristiwa tersebut. Misalnya, keterangan yang diberikan oleh orang-orang yang menjadi pelaku/saksi terjadinya G30S/PKI.
  • Sumber Tulisan
     Sumber tulisan adalah keterangan tentang peristiwa pada masa lampau yang diperoleh melalui prasasti, dokumen, naskah, dan rekaman suatu kejadian. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang paling baik.
  • Sumber Benda
     Sumber benda adalah keterangan tentang peristiwa pada masa lampau yang diperoleh melalui benda-benda peninggalan. Fosil, alat-alat atau benda-benda budaya (kapak, tombak, gerabah, perhiasan, manik-manik, dan sebagainya). tugu peringatan, bangunan, dan sebagainya merupakan peninggalan sejarah yang sangat penting, terutama bagi masyarakat pra-aksara.

B. Sumber Sekunder

     Yaitu kesaksian dari siapa pun yang bukan merupakan pelaku/saksi langsung, yakni orang yang tidak hadir pada peristiwa yang dikisahkan.

0 Response to "Sumber Primer dan Sumber Sekunder Dalam Ilmu Sejarah"

Post a Comment