Ragam Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

Ragam Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat - Pada kesempatan yang mungkin berbahagia ini, saya akan mejelaskan karya seni rupa terapan daerah Setempat menurut apa yang saya ketahui, berikut cuplikannya.


A. Seni Patung 


Dua patung suku terasing yang terbuat dari sabut kelapa, Palu, Sulawesi tengah.

B. Seni Mode


     Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodo berbentuksegi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia. Baju ini berfungsi sebagai baju adat Sulawesi selatan.

C. Seni Bangunan 



     Benteng Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang adalah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Monument ini dulunya sebagai benteng pertahanan Belanda pada masa penjajahan.

D. Seni kerajinan 



      Selendang Serat Nenas, merupakan salah satu kerajinan asli khas adat suku sulawesi selatan. Selendang ini terbuat dari Serat Nenas yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah selendang . kerajinan tersebut berfungsi sebagai selendang.

E. Seni Reklame

      Reklame ini berfungsi untuk menawarkan barang,memengaruhi pendapat umum atau mempropagandakan idea tau pendapat. 

F. Seni  Grafika
Kapal Pinisi belanda sebagai salah satu alat transportasi  yang di gunakan din daerah Sulawesi selatan.

G.Seni Dekorasi  



     Dekorasi rumah panggung khas Sulawesi ini berfungsi untuk menghias atau memperindah ruangan agar lebih nyaman ditempati.

H. Seni Ilustrasi


      Seni ilustrasi tersebut berfungsi untuk menigkatkan penjelasan dan menambah ilmu pengetahuan.

     Itulah tadi beberapa karya seni rupa terapan daerah setempat, mungkin dalam srtikel ini yang masih memiliki banyak kekurangan, harap dimaklum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan sukses selalu 

 I THINK THATS ALL AND THANKS FOR READING
 

5 Responses to "Ragam Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat"