Contoh Puisi Bahasa Indonesia "Si Paru-paru Dunia"

 Si Paru-paru Dunia




Aku di gelar si paru-paru dunia

Aku sumber oksigen
Aku sumber sandang dan pangan
Bagi seluruh mahluk hidup


Akarku menancap kokoh

Melindungi bumi dari bencana
Erosi , banjir , tanah longsor
Juga menjaga sumber air tetap mengalir

Namun di tangan Sang Jahil Durjana
Aku di babat , aku di buldoser
Hingga aku yang dulu hijau
Kini meranggas , luruh , dan layu

Sang Jahil tersenyum pongah
Tertawa puas penuh kecongkakan
Merampas , merenggut hidup kami
Demi kepentingan mereka sendiri


Aku tak dapat lagi menjaga bumi ini
Aku tak sanggup lagi menangkal bencana
Banjir dimana-mana
Erosi , tanah longsor merenggut korban
Jerit dan tangis melanda dunia
Siapa yang salah ? Siapa ?


Ya Allah…

Sadarkanlah mereka
Agar tidak semena-mena terhadapku
Agar aku tetap lestari hingga akhir zaman
Amin Ya Rabbal Alamin

0 Response to "Contoh Puisi Bahasa Indonesia "Si Paru-paru Dunia""

Post a Comment